Sosialisasi Teknologi Audio Visual untuk Tingkatkan Literasi Digital di TBM Hipapelnis Kalimanggis Wetan, Kuningan, Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.25134/12vyqj30Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah membawa dampak signifikan dalam mempermudah interaksi dan komunikasi antarindividu. Dengan kemajuan teknologi digital, media pembelajaran mengalami transformasi ke format digital (Novianti dan Riyanto, 2018), sehingga literasi digital menjadi kebutuhan penting, terutama di wilayah pedesaan. Taman Baca Masyarakat (TBM) di Desa Kalimanggiswetan dipandang sebagai sarana strategis untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Sebagai upaya mendukung hal tersebut, dilakukan program Pengabdian kepada Masyarakat berupa sosialisasi media audio visual di TBM Hipapelnis pada tanggal 12-14 Agustus 2023. Program ini tidak hanya memberikan pemahaman tentang literasi digital, tetapi juga mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dan dampak positif penggunaan media audio visual dalam meningkatkan literasi digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat Desa Kalimanggiswetan terhadap literasi digital melalui pemanfaatan media audio visual di TBM Hipapelnis. Program ini diharapkan dapat mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan efisien.
References
Alhaddad, A. A., & Al-Ghassani, A. M. (2019). The impact of using audio-visual aids on developing EFL students' digital literacy skills. English Language Teaching, 12(4), 173–184. https://doi.org/10.5539/elt.v12n4p173
Alhady, M. I. (2022). Analisis literasi digital dan perilaku penggunaan media sosial pada mahasiswa Universitas X [Analysis of digital literacy and social media usage behavior among students at X University]. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(1), 1–15. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2022-3801-01
Farid, A., & Mulyani, N. S. (2020). Effect of audio visual media on digital literacy and critical thinking skills of vocational high school students. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(11), 159–173.
Jannah, M., Firdaus, F., & Surya, E. (2021). Peningkatan literasi digital pada anak usia dini melalui media pembelajaran audio visual. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 9(1), 91–104.
Kueh, C. L., & Hamid, M. O. (2020). Creative approach in teaching literature for EFL tertiary students. English Language Teaching, 13(4), 13–22. https://doi.org/10.5539/elt.v13n4p13
LPPM UNIKU. (2023). Panduan pengabdian internal UNIKU (tidak dipublikasikan).
Novianti, R., & Riyanto, S. (2018). Tingkat literasi media remaja desa dalam pemanfaatan internet [Media literacy's level of young villagers in internet utilization]. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 158–165. https://doi.org/10.29244/jkp.16.2.158
Rofiah, E., & Fajriani, N. (2018). Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 12–20.
Suardi, A., Suryadi, D., Fajri, A., & Munir, F. (2020). Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui penerapan model pembelajaran berbasis kearifan lokal di TK Pertiwi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat [Improving the quality of early childhood education through the application of local wisdom-based learning model in Pertiwi Kindergarten, Lembang District, Bandung Barat Regency]. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 186–196. https://doi.org/10.22146/jpkm.59098
Yuniasih, I., & Wati, A. (2019). Pembelajaran heuristik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa [Heuristic learning to improve students' critical thinking skills]. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1139–1145. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12387
Yulianto, M., & Wahyudi, R. (2018). Peningkatan literasi digital melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 23–31.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nida Amalia Asikin, Siti Maesyaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel dalam jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).