Pelatihan dan Pengenalan Komputer Sebagai Persiapan Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum Kepada Santri di TPA Al-Karomah

Authors

  • Siti Maesyaroh May Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Sherly Gina Supratman Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Dyah Puteria Wati Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.31

Keywords:

AKM, Komputer, Internet, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Proses AKM berbasis komputer memerlukan kesiapan yang matang untuk mengahadapinya, karena peserta didik harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh santri dalam mempersiapkan pelaksanaan AKM berbasis komputer, diantaranya Sebagian besar santri belum memiliki komputer sehingga Ketika berlatih AKM di rumah hanya menggunakan handphone, peran guru/ustadz/ustadzah dalam mengoperasikan komputer masih dominan karena santri masih kurang paham dalam menggunakan komputer. Selain itu, terdapat santri yang tidak mengetahui cara mengakses informasi dari internet. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan agar santri dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimim (AKM) berbasis komputer. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dan ptaktikum langsung yang diikuti oleh santri kelas V yang bertempat ruang kelas TPA Al-Karomah. Hasil dari kegiatan ini yaitu santri menjadi terampil dalam mengoperasikan komputer dan memahami cara mengakses informasi dari internet.

References

Herdiansyah, Saprudin, Durbin. 2020. Pengenalan Aplikasi Komputer Kepada Siswa/I Di Pondok Pesantren Modern Assalam. JAMAIKA : Universitas Pamulang, Vol 3 No 1, e_ISSN : 2721-6144.

John J. Longkutoy. 2012. Pengenalan Komputer. Jakarta : Mutiara Sumber Widya.

Rahmawati & Reski. 2021. Pelatihan dan Pengenalan Dasar-Dasar Komputer Bagi Siswa Sekolah Dasar di Lingkungan Kelurahan Temmalebba. Madaniya, Vol 2 No 4.

Mardiana, Fina, & Novita. 2021. Implementasi Penggunaan Komputer Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kesiapan Tes AKM bagi Kelas 5 Tingkat Sekolah Dasar atau Sederajat. Prosiding SEMAI.

Sulistyowati, dkk. 2020. Kegiatan Pelatihan Pengenalan Komputer dan Desain Grafis Bagi Anak Didik Pemasyarakatan Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Palangkaraya. Sekolaha Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK). Palangkaraya.

Downloads

Published

05-05-2023

How to Cite

May, S. M., Sherly Gina Supratman, & Dyah Puteria Wati. (2023). Pelatihan dan Pengenalan Komputer Sebagai Persiapan Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum Kepada Santri di TPA Al-Karomah. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 25–28. https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.31

Issue

Section

ARTICLES