Pelatihan Pengenalan Komputer Pasca Pandemi Covid 19 di SDN 1 Kananga Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan

Authors

  • Aah Sumiah Aah Sumiah
  • Fauziah Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.28

Keywords:

AKM, Sekolah, Pelatihan, Aplikasi Pengolah Kata, Komputer

Abstract

Makalah ini memaparkan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SDN 1 Kananga dalam bentuk pelatihan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pandemi Covid-19 yang telah membatasi aktivitas manusia sehingga berdampak dalam segala bidang, termasuk pendidikan. Dampak besar yang terjadi akibat pandemi Covid-19 dalam pendidikan salah satunya adalah kehilangan keterampilan peserta didik yang memicu menurunnya mutu pendidikan.  Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Kemdikbud untuk memperbaiki mutu pembelajaran dengan melakukan evaluasi mutu pendidikan, salah satunya dengan Asesment Kompetensi Minimum (AKM). AKM adalah metode evaluasi capaian peserta didik untuk mengukur sejauh mana kompetensi peserta didik dalam memahami literasi dan numerasi nya. SDN 1 Kananga merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di kecamatan cimahi kabupaten kuningan yang aktif melaksanakan kegiatan AKM. Pelaksanaan AKM dilakukan secara daring menggunakan komputer dan internet dengan pengawasan dari guru. Berdasarkan temuan di lapangan banyak sekali peserta didik yang belum terampil dalam menggunakan komputer sehingga pelaksanaan AKM menjadi terkendala. Hal ini lah yang melatar belakangi pelaksanaan kegiatan pelatihan pengenalan dasar komputer bagi para peserta didik sekolah dasar di SDN 1 Kananga. Metode yang digunakan pada saat pelatihan yaitu pemaparan dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang dibagi kedalam dua  sesi yaitu sesi pertama  memaparkan tentang pengenalan dasar-dasar komputer, dan  sesi kedua  yaitu  praktik pemanfaatan  aplikasi pengolah kata untuk membuat tulisan yang menarik .  Kegiatan  pelatihan  ini  dapat berjalan dengan lancar dan diikuti dengan baik oleh para peserta didik. Berdasarkan  hasil  dari  pelatihan  ini, diperoleh bahwa Pengenalan TIK kepada peserta didik memberikan dampak positif dan bermanfaat. Diantaranya peserta didik merasa lebih percaya diri ketika menghadapi AKM dan peserta didik lebih focus untuk mempersiapkan materi AKM sehingga pelaksanaan AKM selanjutnya bisa berjalan dengan lancar.

References

Novian A dan Abdullah, D. 2010. Praktis Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Jakarta: Pusat perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Supriyadi E dan Kiswanto, M.H., 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2. Jakarta: Pusat perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Ridwan Abdulah Sani,2021 .Pembelajaran Berorientasi AKM : assesmen Kompetensi Minimum. Penerbit : Bumi AKsara

Novega Pratama Adipura , 2020. Dasar-dasar Teknik Informatika 2020, Penerbit DEEPUBLISH

Masrul, Leon A Abdilah,Tasnim,janer,daud. 2020. Pandemic Covid-19 : Persoalan Dan Repleksi di Indonesia. Penerbit : Yayasan Kita Menulis

Artikel dengan judul : Kemedikbudristek Terbitkan SE Nomor 7 Tahun 2022 Perihal Diskresi SKB 4 Mentri. Link alamat :https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/08/kemendikbudristek-terbitkan-se-nomor-7-tahun-2022-perihal-diskresi-skb-4-menteri

Downloads

Published

09-02-2023

How to Cite

Aah Sumiah, & Fauziah. (2023). Pelatihan Pengenalan Komputer Pasca Pandemi Covid 19 di SDN 1 Kananga Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 12–16. https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.28

Issue

Section

ARTICLES