Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Dalam Tertib Administrasi Melalui Pelatihan Microsoft Office di Desa Caracas Kabupaten Kuningan

Authors

  • Nunu Nugraha Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Dadan Nugraha Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Panji Novantara Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.11

Keywords:

Pelatihan;, MS Office;, Administrasi;, Desa;, Pengabdian;

Abstract

Makalah ini memaparkan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) di Desa Caracas Kabupaten Kuningan. Kegiatan PkM dilaksanakan berupa pelatihan MS Office bagi perangkat desa dalam upaya meningkatkan kompetensi untuk menunjang tertib administrasi desa. Pelatihan ini dilatar belakangi kemampuan perangkat desa dalam bidang TIK khususnya dalam menggunakan MS Office masih kurang. Kegiatan pelatihan ini sejalan dengan upaya pemerintahan desa dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat terutama dalam administrasi misalnya pembuatan surat dinas, pembuatan laporan keuangan desa, serta beberapa administrasi yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Saat ini kendala yang dihadapi oleh perangkat desa dalam pengelolaan administrasi adalah belum optimalnya penggunaan aplikasi komputer untuk menunjang kegiatan tersebut. Tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pelatihan aparatur desa agar kemampuan penggunaan aplikasi dapat lebih baik. Aplikasi yang digunakan pada pelatihan yaitu tentang MS Word dan MS Excel. Metode pelatihan yang diterapkan yaitu presentasi, simulasi, dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari yang dibagi kedalam dua sesi yaitu sesi pertama memaparkan tentang pemanfaatan IT khususnya dalam administrasi, dan sesi kedua yaitu praktik pemanfaatan aplikasi pengolah kata untuk membuat surat-surat dinas, serta pengelolaan dokumen dalam komputer. Kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan diikuti dengan baik oleh para peserta pelatihan. Berdasarkan hasil dari pelatihan ini, diperoleh bahwa peserta telah mampu mengoperasikan perangkat komputer sesuai prosedur penggunaan, serta peserta mampu menggunakan aplikasi pengolah kata untuk membuat surat dinas. Kegiatan pelatihan ini secara langsung dapat meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam bidang IT terutama pemanfaatan aplikasi komputer dalam rangka meningkatkan efektifitas dalam bekerja termasuk sebagai wujud peningkatan layanan kepada masyarakat.

Downloads

Published

30-06-2022 — Updated on 16-09-2022

Versions

How to Cite

Nugraha, N. ., Nugraha, D. ., & Novantara, P. . (2022). Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Dalam Tertib Administrasi Melalui Pelatihan Microsoft Office di Desa Caracas Kabupaten Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.11 (Original work published June 30, 2022)

Issue

Section

ARTICLES