Workshop Penerapan Tekhnologi Informasi untuk Aparatur Desa Guna Menyongsong Smart Society 5.0

Authors

  • Sherly Gina Supratman Universitas Kuningan
  • Siti Maesyaroh Universitas Kuningan
  • Dadang Hamdani Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v2i2.30

Keywords:

Aparatur Desa, Digitalisasi, Smart Society 5.0, Pelayanan Masyarakat, Teknologi Informasi, Good Goverment

Abstract

Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang sejalan dengan Recana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, Kementrian PANRB diamanatkan untuk dapat mewujudkan pelayanan public berbasis elektronik yang terintegrasi. Pernyataan ini terintegrasi dengan pendekatan dalam perwujudan implementasi Teknologi di Era Smart Society 5.0. Mewujudkan Good Government dengan tujuan digitalisasi dalam pelayanan merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh Aparatur Desa Pemerintahan Kelurahan Ciporang Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang merujuk kepada Peraturan Pemerintah dan PANRB diatas. Salah satu permasalahan yang dimiliki adalah administrasi yang masih dilakukan secara konvensional. Dimana proses ini kurang efisiensinya dalam pelayanan kepada masyarakat. Seperti dokumen dalam bentuk berkas kertas, penyimpanan dokumen yang membutuhkan banyak ruang, pencarian data yang sulit karena penyimpanan berkas yang tidak teratur, informasi kepada masyarakat masih menggunakan metode penempelan pengumuman dan melalui Ketua RT/RW, dll. Ini menunjukkan belum adanya komunikasi yang terintegrasi berbasis digitalisasi antara aparatur desa dengan masyarakat dalam hal pelayanan public. Sehingga dibutuhkan metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Implementasi E-Office, Smart-HRM, Informasi Berbasis WEB, merupakan salah satu cara atau media yang dapat digunakan oleh Aparatur Desa Ciporang untuk penyelesaian permasalahan yang ada. Tetapi, sebelum menerapkan cara tersebut dibutuhkan untuk peningkatan kemampuan dan kapasitas Sumber Daya Manusia(SDM) Aparatur Desa Ciporang. Sebagai wujud Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, diadakan kegiatan “Workshop Penerapan Teknologi Informasi Untuk Aparatur Desa Guna Menyongsong Smart Society 5.0”.

References

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/society-5-0/ [31 Agustus 2022]

https://www.panda.id/dari-melek-it-menuju-desa-cerdas-digital-perkembangan/ [31 Agustus 2022]

https://www.itworks.id/44445/akselerasi-dilan-penting-untuk-menyambut-era-society-5-0.html [31 Agustus 2022]

Ramadhan, William. Rahayu, Elly. Santoso, Santoso. (2022). Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Berbasis Smart Human Resource Di Dusun Guntung Kabupaten Batu Bara. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Downloads

Published

14-04-2023

How to Cite

Supratman, S. G., Siti Maesyaroh, & Dadang Hamdani. (2023). Workshop Penerapan Tekhnologi Informasi untuk Aparatur Desa Guna Menyongsong Smart Society 5.0. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(2), 29–33. https://doi.org/10.25134/jise.v2i2.30

Issue

Section

ARTICLES