Penguatan Kapasitas Pengelolaan Informasi Pegiat Desa dan Tata Kelola Sistem Informasi di Jalaksana Kabupaten Kuningan

Authors

  • Yulyanto Universitas Kuningan
  • Rio Andriyat Krisdiawan universitas kuningan
  • Rio Priantama universitas kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v3i1.35

Keywords:

Pengelolaan informasi, Pegiat desa, Tatakelola, Informasi

Abstract

Workshop yang kami lakukan bersama ini adalah workshop pelatihan yang bertujuan untuk membantu perangkat desa di Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan kinerja dan pengetahuan serta keterampilan dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi. File sharing tersedia di desa secara online sehingga dokumen dan arsip pengurus desa, kecamatan dan kabupaten khususnya masyarakat dan lembaga pemberdayaan desa dapat bekerja lebih baik lagi. Selain itu, diharapkan dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengelolaan website, sehingga website desa yang digunakan dapat menjadi lebih menarik dan mempromosikan potensi desa ke seluruh dunia, dan juga diharapkan setelah pelatihan ini semua Desa dapat mengembangkan dengan menggunakan teknologi yang ada di desa. Agar website desa dapat digunakan sebagai sarana pelaporan kemajuan dan hasil pembangunan desa berbasis web. Berperan sebagai alat komunikasi dan transmisi informasi kepada masyarakat, sumber informasi dan pengetahuan yang lengkap tentang desa dan alat untuk menyimpan informasi desa yang penting, panduan untuk perencanaan pembangunan desa, dan juga dapat berfungsi sebagai pengawasan administrasi. administrasi di desa.

References

Maesyaroh, S. ., Gina Supratman, S., & Fauziah, F. (2022). Peningkatan Kompetensi Kader Dalam Pengelolaan Data Posyandu Bougenfil Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 1(1), 7–11. https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.8 (Original work published August 28, 2022)

Fauziah, Aah Sumiah, Dede Irawan, Harun Assidik, & Abdul Aziz Alfarizy. (2023). Media Sosial Sebagai Teknologi Informasi Penggerak Percepatan Pemanfaatan Potensi Desa Mekarjaya Ciawigebang Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.29

Nugraha, N., Nugraha, D., & Novantara, P. (2022). Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Dalam Tertib Administrasi Melalui Pelatihan Microsoft Office di Desa Caracas Kabupaten Kuningan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 1(1), 17-22.

Jusuf, H., & Sobari, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Pembelajaran Untuk Mendukung Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat TEKNO, 2(1), 33-38.

Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.

Downloads

Published

14-05-2024 — Updated on 14-05-2024

How to Cite

Yulyanto, Rio Andriyat Krisdiawan, & Rio Priantama. (2024). Penguatan Kapasitas Pengelolaan Informasi Pegiat Desa dan Tata Kelola Sistem Informasi di Jalaksana Kabupaten Kuningan . Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.25134/jise.v3i1.35

Issue

Section

ARTICLES