Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Menanamkan Karakter Berkebhinekaan Global pada Siswa SDIT Darul Amanah
DOI:
https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.37Keywords:
Karakter, Berbhinekaan, Global, Media Pembelajaran, Ular TanggaAbstract
Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional dan berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Terdapat enam dimensi perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila, salah satunya adalah Berkebhinekaan Global. Dimensi berkebhinekaan global ini merupakan sebuah dimensi penting dalam memahami bahwa Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang luas dengan 17.000 pulau dan keberagaman suku, adat istiadat, serta budaya uang menyertainya. Agar dapat mencapai kesatuan dan persatuan perlu adanya dorongan, motivasi atau pandangan dalam setiap kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, dimensi ini penting untuk dinamkan kepada siswa sejak dini. Untuk memudahkannya maka guru perlu memilih metode dan media pembelajaran yang tepat dan menyenangkan namun dapat memudahkan siswa mengenali dan mengingat beragam budaya yang ada di Indonesia, maka pada pengabdian ini guru-guru diperkenalkan pada beberapa media pembelajaran berbasis board games yang dapat digunakan dalam menanamkan karakter berkebhinekaan global tersebut, seperti monopoli, ular tangga, janus dan risk. Proses pengenalan yang dilakukan melalui proses praktik langsung penggunaan media-media tersebut dalam materi pembelajaran yang ingin dicapai.
References
Direktorat Sekolah Dasar. (2022). Profil Pelajara Pancasila. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila. [Online]. 2 Desember 2022
Jordi, D., dkk. (2017). Perancangan Board Game Edukatif Tentang Peduli Lingkngan untuk Anak Usia 7-12 tahun. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Vol.6, No. 1.
Nugroho, A.P., Raharjo, T., dan Wahyuningsi, D. (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Fisi Menggunakan Media Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1 No. 1. 13.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar PendidikanAnak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Vitaningsih, A.V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM, Vol. 1, No. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Innovation and Sustainable Empowerment

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.