Eksistensi "Greeting" dalam berbicara Bahasa Inggris bagi Remaja Mesjid di Desa Kedungarum

Authors

  • Nani Ronsani Thamrin Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Erlan Darmawan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Mia Maulianingsih Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Alfiani Azzahra Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v2i2.33

Keywords:

Ekistensi , berbicara , remaja masjid , greeting

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas tentang Esensi Salam dalam Berbicara bagi Pemuda Masjid di Desa Kedungarum Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Bahasa Inggris adalah bahasa universal sehingga semua orang penting untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka yang juga untuk generasi muda di desa Kedungarum pesertanya adalah 10 orang dan kursus seminggu sekali selama sebulan di setiap hari Senin. Mereka begitu antusias mengikuti kursus ini. Pada dasarnya para trainer menantang keras untuk melatih mereka namun setiap pertemuan mereka menunjukkan perkembangan untuk meningkatkan Speaking mereka karena Permasalahan yang dihadapi antara lain adalah tidak adanya minat pemuda masjid Desa Kedungarum dalam Berbicara Bahasa Inggris. Tidak ada proses belajar mengajar Berbicara Bahasa Inggris bagi pemuda masjid Desa Kedungarum. Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris kurang efektif tidak adanya modul sebagai media komunikasi mereka, rendahnya minat pemuda masjid dalam Berbicara Bahasa Inggris karena kurangnya komunikasi dua arah dalam sapaan mereka, Keterbatasan media dan fasilitas belajar, mahalnya biaya kursus Bahasa Inggris di luar kursus. Penggunaan modul sangat membantu dalam proses pembelajaran Berbicara karena membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan Berbicara khususnya dalam salam. Mulai dari sapaan, jenis sapaan dan tanggapannya. Kegiatan belajar mengajar Berbicara yang dilakukan tentang salam membuat para remaja tidak terbebani dengan materi yang diajarkan, bahkan motivasi para remaja – meningkat karena kegiatan ini.

 

References

Muslich, M. (2010). Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi: Kedudukan, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Rondiyah, A. A. Wardani, N.E. & Saddhono, K. 2017. Pembelajaran Sastra melalui Bahasa dan Budaya untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Kebangsaan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula. 1 (1). 141-147.

Bajuri, S., & Fadly, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Greeting Card Siswa Melalui Metode Pembelajaran Guiding Questions. JPdPG: Jurnal Pendidikan dan Profesi Guru, 1(1).

Sucihati, T. B., & LS, P. J. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Sekolah Dasar Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Desa Sidomulyo. CITAKARYA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 39-43.

Hidayat, R., & Yuliana, A. I. (2022). Pendampingan Pemahaman Materi Greeting dengan Media Video Scribe di MTs Tauhidiyah Bojonegoro. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6-10.

Downloads

Published

22-05-2023

How to Cite

Nani Ronsani Thamrin, Erlan Darmawan, Mia Maulianingsih, & Alfiani Azzahra. (2023). Eksistensi "Greeting" dalam berbicara Bahasa Inggris bagi Remaja Mesjid di Desa Kedungarum. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(2), 60–64. https://doi.org/10.25134/jise.v2i2.33

Issue

Section

ARTICLES