Pendampingan Guru IPA dalam Implementasi Asesmen Nasional

Authors

  • Anna Fitri Hindriana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.46

Keywords:

Asesmen nasional, literasi, numerasi

Abstract

Merdeka belajar merupakan  kebijakan strategis  dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kebijakan Merdeka belajar salah satunya adalah  mengganti pelaksanaan Ujian Nasional menjadi pelaksanaan Asesmen Nasional, yang  disebut sebagai Asesmen Nasional (AN) yang mengukur literasi, numerasi, survey karakter dan lingkungan Pengembangan soal asesmen kelas  berkaitan erat dengan capaian hasil belajar siswa dan penguasaan literasi dan numerasi oleh pemerintah, selain itu Asesmen kelas juga harus merujuk kepada soal-soal Asesmen Nasional yang  menekankan pada penalaran, dengan demikian pengembangan soal Asesmen Kelas  dirasa berat oleh guru-guru, sehingga sangat sedikit guru-guru yang memiliki kesadaran penuh untuk menjadi tim pengembang soal asesmen kelas. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan tentang  prinsip-prinsip penulisan soal penalaran berbasis asesmen nasional untuk  mendukung program merdeka belajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini; (1) pemberian materi prinsip-prinsip, karakteristik dan indikator (2)  pengembangan instrumen asesmen literasi dan numerasi, (3)  penelaahan soal literasi dan numerasi. Hasil yang dicapai adalah peningkatan pemahaman dan kemampuan guru dalam mengembangkan soal literasi dan numerasi berbasis asesmen nasional yang dapat diterapkan untuk mengukur capaian pembelajaran di kelas.

References

Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi …, 1(3), 252–260. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/344%0Ahttps://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/download/344/216

Kemendikbud. (2020). Surat edaran Nomor 4 Tahun 2O2O Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus deaseas (COVID- 1 9). Kemendikbud, 111(8), 4–6.

Kemendikbud. (2021). Kebijakan Asesmen Nasional Tahun 2021.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018. Kemdikbud.Go.Id, 4–6. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Meriana, T., Murniarti, E., & Dasar Kanaan, S. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. http://ejournal.fkipuki.org/index.php/jdp/

Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Downloads

Published

08-09-2022

How to Cite

Anna Fitri Hindriana. (2022). Pendampingan Guru IPA dalam Implementasi Asesmen Nasional. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.46

Issue

Section

ARTICLES