Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Screencast-O-Matic Bagi Guru SMA Negeri 1 Jalaksana
DOI:
https://doi.org/10.25134/jise.v1i1.15Keywords:
Pelatihan, Media, Pembelajaran, Aplikasi, PemberdayaanAbstract
Makalah ini menyajikan hasil kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis video bagi guru di SMA Negeri 1 Jalaksana Kabupaten Kuningan, yang dikemas dalam bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM). Proses pembelajaran daring yang berjalan pada situasi pandemi covid-19 saat ini khususnya di lingkungan SMA Negeri 1 Jalaksana, menemukan berbagai kendala bagi guru-guru disekolah. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran untuk menyampaikan materi kepada siswa. Penggunaan media sosial berupa grup whatsapp, belum bisa mengoptimalkan proses penyampaian materi, karena sejauh ini materi yang disampaikan masih dalam bentu slide presentasi maupun materi dalam bentuk file pdf. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan serta kemampuan guru dalam menyusun dan membuat media pembelajaran berbasis video. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Screencast-O-Matic. Secara umum kegiatan ini dibagi kedalam dua sesi, yaitu pada sesi pertama penyampaian materi tentang aplikasi dan pemanfaatannya untuk pembuatan video, serta pada sesi kedua para peserta menyusun materi/bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswa, serta memparkaktekan secara langsung pembuatan video media pembelajaran pada perangkat laptop masing-masing. Berdasarkan pelatihan yang telah dilaksanakan, seluruh peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Masing-masing peserta dapat membuat satu media pembelajaran berbasis video dengan baik, dimana media tersebut dapat digunakan langsung oleh guru untuk kegiatan pembelajaran daring.
Downloads
Published
Versions
- 16-09-2022 (2)
- 08-09-2022 (1)
Issue
Section
License
Artikel dalam jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).