Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penyuluhan tentang Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) pada Siswa di Kelas Tinggi SDN 1 Awirarangan

Authors

  • Agus Gunawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan
  • Gilang Krispiyadi Praramdana Universitas Kuningan
  • Dewa Galih Dwiginting Universitas Kuningan
  • Yuyun Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.38

Abstract

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang banyak mendapat perhatian di era sekarang ini. Keberadaan pendidikan karakter dinilai penting untuk dilaksanakan, mengingat akhir-akhir ini banyak dijumpai peristiwa-peristiwa yang tidak sesuai dengan nilai karakter yang baik. Di sana-sini sering terjadi pelanggaran norma, baik norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan norma hukum. Sebagai contoh kecil saja, penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang. Kehadiran pendidikan karakter diharapkan dapat meminimalkan terjadinya perilaku menyimpang terhadap nilai-nilai karakter. Berbekal nilai-nilai karakter yang baik seseorang diharapkan akan memiliki wawasan, sikap, dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai karakter tersebut. Nilai-nilai karakter untuk membentuk perilaku moral yang baik perlu dilakukan sejak usia dini. Harapannnya nilai karakter yang diinternalisasikan sejak usia dini akan berdampak pada hasil yang optimal dalam pembentukan karakter anak ketika ia dewasa. Pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini ini didasari alasan bahwa di masa usia dini terdapat fase usia emas yang sayang untuk ditinggalkan. Pada fase ini sel-sel otak anak berkembang secara optimal. Untuk dapat mencapai perkembangan yang optimal, maka perlu diberikan stimulus yang tepat di segala aspek perkembangan, termasuk di dalamnya adalah karakter anak.

References

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. Diunduh pada laman. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

Mu'arif, A. N., Damayanti, F., Akmalia, R., Arsfenti, T., & Darmadi, D. (2021). Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 44-57. Diunduh pada laman https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.164

Prastyo, AT (2012). Merancang Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Elhikmah.

Lickona, T. (2002) Character Matters. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. Jakarta : Bumi aksara BNN Kabupaten Kuningan.

Downloads

Published

28-01-2023

How to Cite

Gunawan, A., Gilang Krispiyadi Praramdana, Dewa Galih Dwiginting, & Yuyun. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penyuluhan tentang Narkotika dan Obat Terlarang (Narkoba) pada Siswa di Kelas Tinggi SDN 1 Awirarangan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(1), 21–24. https://doi.org/10.25134/jise.v2i1.38

Issue

Section

ARTICLES